Keefektifan Penggunaan Media Film Terhadap Keterampilan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Novel siswa kelas VIII M.Ts.Ma’arif Tumbelgani kabupaten Bantaeng

SAKIR, SAKIR (2017) Keefektifan Penggunaan Media Film Terhadap Keterampilan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Novel siswa kelas VIII M.Ts.Ma’arif Tumbelgani kabupaten Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ISI.docx

Download (2MB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik novel siswa yang menggunakan media pembelajaran film dibandingkan dengan yang menggunakan media pembelajaran novel; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik novel siswa yang menggunakan media pembelajaran film pada siswa kelas VIII M.Ts. Ma’arif Tumbelgani Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah desain Komparatif dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII M.Ts. Ma’arif Tumbelgani Kabupaten Bantaeng. Berdasarkan teknik Cluster Random Sampling ditetapkan kelas VIII-C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitasisi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 2,354 dan ttabel sebesar 2,04 karena nilai t hitung > t tabel (2,354 > 2,04) sehingga dapat disimpulkan menerima Ha dan menolak H0. Apabila berdasar pada signifikansi maka didapat nilai 0.026, dalam hal ini nilai signifikansi lebih kecil dari alfa 0.05 yang telah ditentukan. Karena nilai signifikansi (0.026 < 0.05), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan nilai Pretest dengan posttest kelompok kontrol. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 10,640 sedangkan nilai ttable sebesar 2,04, karena nilai t hitung > t tabel (10,640 > 2,04) sehingga dapat disimpulkan menerima Ha dan menolak H0. Apabila berdasar pada signifikansi maka didapat nilai 0.000, dalam hal ini nilai signifikansi lebih kecil dari alfa 0.05 yang telah ditentukan. Karena nilai signifikansi (0.000 < 0.05), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan nilai Pretest dengan posttest kelompok eksperimen. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan tingkat kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik novel pembelajaran siswa dengan menggunakan media film dengan pembelajaran siswa tanpa menggunakan media film; (2) penggunaan media film efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik novel pada siswa kelas VIII M.Ts. Ma’arif Tumbelgani Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 06:41
Last Modified: 15 Mar 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item