Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Group Investigation (GI) dalamPembelajaranSistemPersamaan Linear DuaVariabel (SPLDV) di SMP Negeri 31 Makassar

Bahar, Muhammad Amin (2017) Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Group Investigation (GI) dalamPembelajaranSistemPersamaan Linear DuaVariabel (SPLDV) di SMP Negeri 31 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
(12) BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
(16) BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

Pemilihan model yang tepatdalampembelajaranakanmenjadikanpembelajaranmenjadimenarikdanmembuatsiswaaktifsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswamenjadimeningkatdanmengakibatkantujuanpembelajarantercapai.Olehkarenaitu, sebagaisalahsatuupaya guru untukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswaadalahdenganpemilihan model pembelajaran yang tepat.Padapenelitianinimenggunakan Model PembelajaranKooperatifTipe Group Investigation (GI).Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifan model pembelajarankooperatiftipe group investigationdanbagaimanagambaran proses investigasipemecahanmasalahsiswa di kelas VIIID SMP Negeri 31 Makassar dalampembelajarankooperatiftipe group investigation (GI).Jenispenelitianyang digunakanadalahpenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VIII SMP Negeri 31 Makassar dan sample yaknikelas VIIID sebagaikelaseksperimenyang dipilihmenggunakantekniksimple random sampling. Data yang dikumpulkanterdiridari data aktivitassiswadalampembelajaran, data hasilbelajarsiswa, dan data responssiswaterhadappembelajaran.Data dianalisismenggunakananalisisdeskriptifdananalisisinferensial. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran, lembarobservasiaktivitassiswa, teshasilbelajaruntukmengukurkemampuankognitifmatematikasiswa,danangketresponssiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitassiswadalampembelajaranberadapadakategorisangatbaikdenganskor rata-rata 3,62. Hasilbelajarmatematikasiswaberadapadakategoritinggidengan mean 82,37 danstandardeviasi 11,59 tingkatketuntasansecaraklasikalsebesarsebesar 82%, rata-rata gain ternormalisasihasilbelajarberadapadakategoritinggisertaresponssiswaterhadappenerapan model pembelajarankooperatiftipe group investigation beradapadakategoripositifdenganskor rata-rata 3,63. Adapunsubjekwawancaradalampenelitianiniada 3 siswa yang penelitipilihdimanamasingmasingsiswaada yang berkemampuanmatematikatinggi, sedangdanrendah.Siswaberkemampuanmatematikatinggi, dalam proses investigasidalampembelajaranmelakukanaktivitassesuaidengan grouping, berperanaktifdalammerencanakanpembagiantugas, pahammengenai proses investigasihaliniterlihatdariaktivitasnyadalamkelompok yang salingbertukarinformasi, menuliskanlaporanhasildiskusipadalembar yang telahdisediakandanmempersiapkananggotakelompoknyadalampesentasi, sangataktifdalampresentasidikelas, dan melakukan koreksiterhadapdiskusidanmenyimpulkanhasilpembelajaran. Sementarasiswaberkemampuanmatematikasedang, dalam proses investigasidalampembelajaranmelakukanaktivitassesuaidengan grouping, berperanaktifdalammerencanakanpembagiantugas, pahammengenai proses investigasihaliniterlihatdariaktivitasnyadalamkelompok yang salingbertukarinformasi, menuliskanlaporanhasildiskusipadalembar yang telahdisediakandanmempersiapkananggotakelompoknyadalampesentasi, cukupaktifdalampresentasidikelas, danmelakukanevaluasiberupakoreksiterhadapdiskusidanmenyimpulkanhasilpembelajaran.Sementara siswaberkemampuanmatematikarendah, dalam proses investigasidalampembelajaranmelakukanaktivitassesuaidengan grouping, cukupaktifdalammerencanakanpembagiantugas, kurangpahammengenai proses investigasihaliniterlihatdariaktivitasnyadalamkelompok yang kurangpahamdalammenganalisis data dandalammembuathasildiskusikelompok, menerima pengarahan dari ketuakelompoknyadalampersiapanpresentasi yang akandilakukandidepankelas, kurangaktifdalampresentasidikelas, dantidakpernahmelakukankoreksidalam proses pembelajaran. Secaraumumdisimpulkanbahwa model pembelajarankooperatiftipe group investigation (GI) dalampembelajaranmatematikadikelas VIIID SMP Negeri 31 Makassar efektifditerapkan. Kata Kunci: Kooperatif , Group Investigation.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 06:39
Last Modified: 15 Mar 2018 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item