Efektivitas Penerapan Model Survei, Question, Read,Reflect, Recite,Review (SQ4R) - Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VIII SMP Negeri di KabupatenBone

HARNIANTI, HARNIANTI (2017) Efektivitas Penerapan Model Survei, Question, Read,Reflect, Recite,Review (SQ4R) - Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VIII SMP Negeri di KabupatenBone. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (32kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui keefektifan Model Survei, Question, Read,Reflect, Recite, Review (SQ4R) - Kooperatif pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1)hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bone tahun pelajaran 2016/2017 dan yang menjadi sampel adalah kelasVIII A SMP Negeri 3 Watampone dan kelas VIII A SMP Negeri 2 Barebbo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, THB, LOAS, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, LKS. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan ModelSurvei, Question, Read,Reflect, Recite,Review (SQ4R)- Kooperatifberada pada kategori tinggi dengan rata-rata 83,51 dan standar deviasi 6,76. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa Penerapan Model Survei, Question, Read,Reflect,Recite,Review(SQ4R) - Kooperatifefektif dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPNegeri di Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 06:32
Last Modified: 15 Mar 2018 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5699

Actions (login required)

View Item View Item