Komparasi Efektivitas Pendekatan Kontekstual, Problem Solving dan Saintifik Setting Kooperatif pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar

SYAMSUADI, AHMAD (2016) Komparasi Efektivitas Pendekatan Kontekstual, Problem Solving dan Saintifik Setting Kooperatif pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Aas BAB I - Acc.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: Mengetahui tingkat pencapaian sasaran hasil belajar siswa yang diberikan pendekatan kontekstual setting kooperatif, saintifik setting kooperatif dan problem solving setting kooperatif berdasarkan (a) nilai posttes siswa dan (b) peningkatan hasil belajar siswa dan mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual setting kooperatif, saintifik setting kooperatif dan problem solving setting kooperatif dalam materi bidang datar segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar berdasarkan (a) Prestasi belajar siswa, (b) Aktivitas belajar siswa, dan (c) Respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar 2015/2016. Sedangkan sampel penelitian dipilih 3 sekolah secara acak untuk diterapkan sebagai kelompok yang akan diberikan perlakuan pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan kontekstual setting kooperatif, saintifik setting kooperatif dan problem solving setting kooperatif. Sebelum dilakukan pembelajaran, terlebih dahulu diberikan Pre-Test pada ketiga sekolah. Setelah itu dilakukan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual setting kooperatif, saintifik setting kooperatif dan problem solving setting kooperatif pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: semua pendekatan berada pada kategori cukup efektif dengan tingkat keefektifan tiap-tiap pendekatan yaitu: pendekatan kontekstual setting kooperatif dengan nilai E = 3,42, pendekatan saintifik setting kooperatif dengan nilai E = 3,20, pendekatan problem solving setting kooperatif dengan nilai E = 3,32. Pendekatan kontekstual setting kooperatif lebih efektif daripada pendekatan problem solving dan saintifik setting kooperatif pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 06:27
Last Modified: 15 Mar 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5698

Actions (login required)

View Item View Item