Peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada peserta didik kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Masamba Kab.Luwu Utara

MULIYATI M, MULIYATI M (2017) Peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada peserta didik kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Masamba Kab.Luwu Utara. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel muli.docx

Download (44kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan desain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. yang bertujuan Untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together peserta didik kelas XI IPA5 SMAN 1 Masamba. Data penelitian mengenai motivasi belajar peserta didik diperoleh dari lembar angket motivasi belajar peserta didik yang disi oleh peserta didik tiap akhir siklus, data penelitian mengenai aktivitas belajar peserta didik diperoleh melalui lembar observasi aktivitas yang diisi oleh observer tiap pertemuan dan data penelitian mengenai hasil belajar biologi peserta didik diperoleh dari nilai tes evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi system pencernaan peserta didik kelas XI IPA5 Kab. Luwu utara dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan nilai rata-rata motivasi peserta didik siklus I sebesar 76,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,44. Dan telah mencapai 85% secara klasikal peserta didik berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi.Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi system pencernaan peserta didik kelas XI IPA5 Kab. Luwu utara dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan nilai rata-rata aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 57,40% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,27 %. dan nilai rata rata dari komponen aktivitas dari siklus I ke siklus II mencapai 75 %. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi system pencernaan peserta didik kelas XI IPA5 Kab. Luwu utara dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi system pencernaan dengan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 69,44%, pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Dan telah mencapai 85% dari peserta didik yang memperoleh nilai tuntas secara klasikal. dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada peserta didik kelas XI IPA5 SMAN 1 Masamba pada materi system pencernaan dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 06:20
Last Modified: 15 Mar 2018 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item View Item