Analisis Aspek Pedagogik Pelaksanaan Program Kelas Tuntas Berkelanjutan di SD Inpres Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

ZAINUDDIN, ABD HARIS (2017) Analisis Aspek Pedagogik Pelaksanaan Program Kelas Tuntas Berkelanjutan di SD Inpres Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
9. BAB I Fix.doc

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan guru yang belum menguasai secara utuh aspek-aspek pedagogik pada pelaksanaan Program Kelas Tuntas Berkelanjutan di Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan guru memahami karakteristik peserta didik, materi dan tujuan, serta sumber pembelajaran pada Program Kelas Tuntas Berkelanjutan di SD Inpres Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, 2) kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran di SD Inpres Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, 3) kemampuan guru menerapkan evaluasi pembelajaran pada Program Kelas Tuntas Berkelanjutan di SD Inpres Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, 4) pelaksanaan aspek-aspek pedagogik pada pembelajaran Program Kelas Tuntas Berkelanjutan di SD Inpres Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah SD Inpres Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianlisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aspek pedagogik dalam pembelajaran sudah berjalan cukup baik. Guru telah mencoba mengenali karakteristik siswa lewat aktifitas deteksi dini yang dilakukan di awal pembelajaran. Dalam penentuan sumber belajar membuktikan bahwa aspek pedagogik telah diterapkan dengan cukup baik. Guru juga telah menyajikan materi dan mengelola kelas dengan cukup kreatif. Dalam hal evaluasi pembelajaran, guru melakukan evaluasi dan tindak lanjut serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 06:13
Last Modified: 15 Mar 2018 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

View Item View Item