Model Pembinaan Anak Jalanan di Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Suardi, S.Pd., M.Pd dan Dra Istiyani Idrus, M.Si.; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Hasmaniati,, Hasmaniati, (2014) Model Pembinaan Anak Jalanan di Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Suardi, S.Pd., M.Pd dan Dra Istiyani Idrus, M.Si.; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Hasmaniati.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Hasmaniati, 2014, Model Pembinaan Anak Jalanan di Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Suardi, S.Pd., M.Pd dan Dra Istiyani Idrus, M.Si.; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang model pembinaan anak jalanan di Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembinaan anak jalanan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembinaan anak jalanan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnometodologi. Fokus penelitian ini adalah kepala seksi rehabilitasi sosial, staf rehabilitasi sosial 1 orang dan situasi pelaksanaan pembinaan anak jalanan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan anak jalanan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial terdiri atas: (1) Membuat kelompok penertiban yang terdiri dari petugas Dinas Sosial, Satpol PP/Polisi dan LSM, yang dimana kelompok tersebut masing-masing menjaga 3 titik lampu merah; (2) Kampanye melalui baliho pelarangan memberikan uang kepada anak jalanan. Kampanye ini kemudian dilanjutkan sosialisasi dengan cara mendatangi rumah orang tua dari anak jalanan dan (3) Pembinaan rehabilitasi yang terdiri dari pemberian bimbingan dan pemberian keterampilan berupa perbengkelan, pertukangan, dan tata rias yang dilaksanakan di panti rehabilitasi yang berada di Maros.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:09
Last Modified: 30 Nov 2016 11:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item