Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter Siswa SMP di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

Salija, Kisman and Muhayyang, Maemuna (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter Siswa SMP di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. In: Seminar Nasional Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset, 26 Agustus 2017, Ruang Theater Lt.3 Menara Pinisi UNM.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL MEMBANGUN INDONESIA MELALUI HASIL RISET.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEWER PROSIDING SEMINAR NASIONAL.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Abstrak - Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa lnggris berbasis Pendidikan karakter yang diharapkan dapat meningkatkan kemanpuan bahasa Inggris sisva dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam budaya lokal yang mengandung pesan nilai moral untuk meningkatkan kualitas karakter dan moral siswa SMP di Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian pehgembangan yang bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter siswa SMP di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Pengembangan perangkat pembelajaran yang direncanakan akan mengikuti model desain penelilian dan pengembangan yang dirancang oleh Thiagarajan dalam pengembangan perangkat pembelajaran model Four-D terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Sampel penelitian direncanakan adalah siswa SMP yang menurut data lan informasi Dinas Pendidikan ditemukan telah terlibat dalam tawuran antar siswa di Sulawesi Selatan. Penelitian direncanakan berlangsung selama satu tahun. Produk yang dihasilkan pada berbentuk prototipe bahan ajar keterampilan berbahasa lnggris secara integratif dan perangkat pembelajaran pendukungnya. Pada bagian akhir kegiatan penelitian adalah pengemasan dan penyebarluasan model produk yang dihasilkan. Penyebarluasan dilakukan melalui forum ilmiah, kelompok diskusi terfokus, dan publikasi di jurnal Internasional. Kata kunci: perdidikan karakter, perangkat pembelajaran bahasa inggris

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 14 Mar 2018 06:04
Last Modified: 22 Mar 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5667

Actions (login required)

View Item View Item