Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Disiplin Kerja Guru SMK Negeri di Kota Ambon Tahun 2016

ORNO, GETRUIDA CALORINA NAOMI (2016) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Disiplin Kerja Guru SMK Negeri di Kota Ambon Tahun 2016. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui gambaran kinerja guru, pelaksanaan supervisi akademik pengawas, motivasi kerja, iklim kerja dan disiplin kerja guru SMK Negeri di Kota Ambon dan (2) untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas, motivasi kerja, iklim kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Ambon. Metode penelitian terdiri dari: (1) jenis penelitian expost facto, (2) populasi penelitianya seluruh guru PNS SMK Negeri di Kota Ambon berjumlah 408 orang guru, (3) Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang menghasilkan jumlah sampel 202 orang guru dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah divalidasi secara empirik terhadap 200 orang responden, (4) Variabel penelitian terdiri atas tiga variabel bebas yaitu pelaksanaan supervisi akademik pengawas (X1), motivasi kerja (X2), dan iklim kerja (X3), dan satu variabel intervening yaitu disiplin kerja (Y1), dan satu variabel terikat yaitu kinerja guru (Y2), (5) teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi, (6) teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif yaitu: (1) rata-rata skor pelaksanaan supervisi akademik pengawas sebesar 134,30 berada pada rentang skor 126 – 142 dengan kategori cukup baik, (2) rata-rata skor motivasi kerja sebesar 79,32 berada pada rentang skor 77 – 81 dengan kategori cukup baik, (3) rata-rata skor iklim kerja sebesar 71,96 berada pada rentang skor 68,71 – 75,21 dengan kategori cukup baik, (4) rata-rata skor disiplin kerja sebesar 82,68 berada pada rentang skor 81 – 85 dengan kategori cukup baik, (5) rata-rata skor kinerja guru sebesar 138,35 berada pada rentang skor 132 – 145 dengan kategori cukup baik. Hasil penelitian berdasarkan analisis inferensial yaitu: (1) pelaksanaan supervisi akademik pengawas berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh melalui disiplin kerja tidak signifikan (2) motivasi kerja berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh melalui disiplin kerja signifikan. (3) iklim kerja berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh melalui disiplin kerja tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2018 03:31
Last Modified: 14 Mar 2018 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5660

Actions (login required)

View Item View Item