Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X dan XI IPA SMA Negeri 8 Makassar Tahun Ajaran 2015/2016

Firdiani, Dian (2016) Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X dan XI IPA SMA Negeri 8 Makassar Tahun Ajaran 2015/2016. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.doc

Download (72kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bersifat korelasional bertujuan menyelidiki pengaruh persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas X dan XI IPA SMA Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini terdiri atas empat variabel yaitu variabel independent, yakni persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua (X1) dan tingkat pendidikan orang tua (X2), dan variabel dependent, yakni motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar Biologi (Y2). Data mengenai persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua, tingkat pendidikan orang tua, dan motivasi belajar siswa diperoleh dari angket, sedangkan data hasil belajar Biologi siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar Biologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar Biologi siswa, tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar Biologi siswa, persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa, tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa, motivasi belajar memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa, persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa melalui motivasi belajar, dan tingkat pendidikan orang tua berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa melalui motivasi belajar. Koefisien jalur untuk masing-masing pengaruh, secara berturut-turut adalah 0,38; 0,58; 0,06; 0,08; 0,86; 0,32; dan 0,49. Jenis pola asuh orang tua siswa kelas X dan XI IPA SMAN 8 Makassar adalah pola asuh demokratis, dengan tingkat pendidikan orang tua terbanyak pada jenjang SMA, kategori motivasi belajar tinggi serta hasil belajar berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2018 03:24
Last Modified: 14 Mar 2018 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item