Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada Topik Dimensi Tiga Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Saintifik Realistik Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 16 Makassar

SUPRAPTI, SUPRAPTI (2015) Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada Topik Dimensi Tiga Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Saintifik Realistik Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 16 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran matematika pada topik Dimensi Tiga melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Saintifik Realistik pada kelas X-1 SMA Negeri 16 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) Subyek penelitian adalah semua siswa pada kelas X-1 (36 siswa) yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Instrumen yang dgunakan: (1)Lembar Observasi Aktivitas Siswa, (2) Lembar Observasi Aktivitas Guru , (3) Hasil Belajar dan (4)Angket Respon Siswa . Teknik Pengumpulan data meliputi: (1) Data tentang Proses Pembelajaran,(2) Data tentang Hasil Belajar,dan (3)Data tentang Respons Siswa . Data aktivitas guru/siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori aktif dengan skor rata-rata 3,8 dari skor ideal maksimal 5,0. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan skor rata-rata 3,7dari skor ideal maksiamal 5,0. Hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan mean 79,9 dari skor ideal maksimal 100 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 69% dengan simpangan baku 6,8 dan respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori cenderung positif dengan skor rata-rata 3,2 dari skor ideal maksimal 4,0 . Pada siklus II aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 4,5 dari skor ideal maksimal 5,0. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan skor rata-rata 4,4 dari skor ideal maksimal 5,0 Hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan mean 86,5 dari skor ideal maksimal 100 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 88% dengan simpangan baku 7,6 dan respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,9 dari skor ideal maksimal 4,0.Secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Saintifik Realistik dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas hasil belajar matematika materi Dimensi Tiga dikelas X-1 SMA Negeri 16 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2018 02:22
Last Modified: 14 Mar 2018 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5651

Actions (login required)

View Item View Item