Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Gasing (Gampang, Asyik, Dan Menyenangkan) Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pa’jukukang

Nuryani, Nuryani (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Gasing (Gampang, Asyik, Dan Menyenangkan) Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pa’jukukang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Bab I-V (1-127).docx

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana profil perangkat pembelajaran fisika berbasis metode fisika gasing yang valid dan praktis; bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika berbasis metode fisika gasing; dan bagaimana efektivitas pencapaian hasil belajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika dengan metode fisika Gasing pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pa’jukukang.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan profil perangkat pembelajaran fisika yang bercirikan pembelajaran berbasis metode fisika gasing yang valid, praktis, dan efektif : meliputi: RPP dan LKPD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Produk yang diinginkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika berbasis metode fisika gasing yang valid, praktis, dan efektif. Produk tersebut meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (2) Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Proses pengembangan menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Proses pengembangan terlaksana tiga tahapan saja karena keterbatasan waktu dan biaya yaitu tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Ujicoba perangkat dilakukan pada paserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Pa’jukukang tahun pelajaran 2015/2016 semester genap sebanyak 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat, instrumen lembar observasi (kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, aktivitas peserta didik), angket respons peserta didik terhadap pembelajaran. Instrumen tersebut merupakan instrumen-instrumen yang telah digunakan dalam penelitian sebelumnya tetapi telah dimodifikasi sebagai penyesuaian terhadap materi tekanan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut adalah perangkat pembelajaran fisika berbasis metode gasing yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

View Item View Item