Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Togheder dengan Pendekatan Openended dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA

NURKAMAL, NURKAMAL (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Togheder dengan Pendekatan Openended dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS Nurkamal.doc

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Tigether dengan pendekatan openended dalam pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 1 Tondong Tallasa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen desain dengan one group pretest-posttes desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tondong Tallasa dan sampel yakni kelas X.A sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah Lembar observasi keterlaksanaaan pembelajaran, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas peserta didik dan angket respon peserta didik. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar peserta didik, data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan data respons peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriftif menunjukan bahwa (1) Hasil belajar matematika peserta didik pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi., (2) Tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test tidak ada yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sedangkan pada post-test sebesar 80% dalam kategori tuntas, (3) Rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, (4) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan (5) Respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan openended berada pada kategori positif. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 15.0 untuk menguji hipotesis menunjukkan bahwa data hasil belajar peserta didik pada post-test, gain ternormalisasi serta data respos peserta didik signifikan dengan nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriftif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan openended dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep efektif diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:14
Last Modified: 14 Mar 2018 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5643

Actions (login required)

View Item View Item