Efektivitas Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII.G SMP Negeri 3 Polewali Mandar.

Muh, Akbar (2013) Efektivitas Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII.G SMP Negeri 3 Polewali Mandar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muh. Akbar.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Muh. Akbar. 2013. Efektivitas Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII.G SMP Negeri 3 Polewali Mandar. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dr. Awi, M.Si. dan Dr. Ilham Minggi, M.Si.). Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) seberapa besar kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diajar dengan menerapkan model learning cycle 5E, 2) seberapa besar kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diajar dengan menerapkan model learning cycle 5E, 3) apakah model learning cycle 5E efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Polewali Mandar yang terdiri dari delapan kelas dan sampelnya adalah kelas VIII.G sejumlah 30 siswa tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data untuk 1) data kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest, 2) data mengenai aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah: 1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diajar dengan menerapkan model learning cycle 5E yaitu 49,04, 2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diajar dengan menerapkan model learning cycle 5E yaitu 69,54. Melalui analisis statistika inferensial diperoleh hasil bahwa penerapan model learning cycle 5E efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Berpikir Kreatif, model learning cycle 5E

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:09
Last Modified: 28 Apr 2016 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item