Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Peserta Didik MAN Dampang Bantaeng

SYAFIUDDIN, SYAFIUDDIN (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Peserta Didik MAN Dampang Bantaeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. BAB 1 (1-9).docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran Biologi berbasis pendekatan Saintifik (2) Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran). Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas X.1 Peminatan IPA MAN Dampang Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes hasil belajar dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada tahap pengembangan draf I divalidasi oleh para ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Saintifik telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respon guru pada saat uji coba dilapangan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 4 syarat kriteria keefektifan yaitu; (1) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal, (2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (3) aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik, dan (4) respon peserta didik berada pada kategori sangat positif. penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Peserta Didik (BPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajar (THB) melalui proses pengembangan yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran , (2) setelah dilakukan validasi dan uji coba maka diperoleh perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Mar 2018 08:11
Last Modified: 13 Mar 2018 08:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5636

Actions (login required)

View Item View Item