Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Promotor Arifin Ahmad, serta Kopromotor Syamsul Bachri Thalib dan Husain Syam)

SALIRUDDIN, SALIRUDDIN (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Promotor Arifin Ahmad, serta Kopromotor Syamsul Bachri Thalib dan Husain Syam). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
SALIRUDDIN..docx

Download (16kB)

ABSTRAK SALIRUDDIN. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Promotor Arifin Ahmad, serta Kopromotor Syamsul Bachri Thalib dan Husain Syam) Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengelolaan pembelajaran mata pelajaran KKPI di SMK Negeri Makassar; 2) mengembangkan desain model pembelajaran berbasis WEB mata pelajaran KKPI pada SMK Negeri Makassar yang memenuhi syarat valid, praktis, dan menarik; 3) mengetahui efektifitas model pembelajaran berbasis WEB di SMK Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (Educational Research & Development). Penelitian ini dilaksanakan pada tiga SMK Negeri di Makassar. Teknik pengumpulan data pada tahap ini adalah kuesioner, dokumentasi dan tes hasil belajar KKPI. Desain produk dalam tahapan penelitian ini antara lain model pengembangan, perangkat pembelajaran berupa tabel kompetensi, silabus pembelajaran berbasis internet, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis internet serta modul pembelajaran KKPI. Selanjutnya, produk fisikal lainnya berupa flowchart, storyboard dan produk akhir adalah prototype yakni bentuk yang sebenarnya dalam pengembangan model pembelajaran berbasis WEB. Produk yang dihasilkan dari tahapan tersebut divalidasi kepada ahli media dan ahli materi. Evaluasi dilakukan dengan ujicoba perseorangan hingga ujicoba lapangan. Selanjutnya untuk melihat keefektifan dari model yang dikembangkan maka dilakukan analisis menggunakan pretest dan posttest terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) pengelolaan pembelajaran mata pelajaran KKPI di SMK Negeri Makassar menunjukkan gambaran guru telah mengetahui tujuan pembelajaran, mereka sudah dilengkapi dengan bahan belajar/ materi pelajaran, sudah disiplin dalam melakukan evaluasi pembelajaran dan menutup kegiatan pembelajaran, namun masih minim dalam hal strategi, metode pembelajaran, pengelolaan media pembelajaran, dan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran; 2) pengembangan model pembelajaran berbasis web (MPBW-KKPI) dilakukan melalui analisis kebutuhan mengenai proses pembelajaran KKPI yang ada di SMK hingga pengembangan pembelajaran berbasis web diperoleh hasil penilaian produk keseluruhan dengan kriteria sangat valid. Produk Pembelajaran Berbasis Web yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi syarat praktis, menarik, dan efisien melalui beberapa indikator penilaian diperoleh hasil yang sangat baik; 3) penggunaan model pembelajaran berbasis web mata pelajaran KKPI di SMKN Makassar, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional berdasarkan hasil analisis data melalui pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Web, Hasil Belajar, KKPI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: ?? sch_civ ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:09
Last Modified: 28 Apr 2016 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item