Analisis Kesalahan menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare

RAHIM, NURAHMAH (2015) Analisis Kesalahan menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I-.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 3 Parepare yang dipilih dengan menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 4 subjek penelitian, 2 subjek memiliki gaya kognitif Field Independent dan 2 subjek memiliki gaya kognitif Field Dependent Fokus dalam penelitian ini adalah materi operasi hitung bentuk aljabar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung pada bentuk aljabar. Yaitu pada operasi penjumlahan ,pengurangan, perkalian, pembagian, dan penyederhanaan pecahan aljabar Serta faktor-faktor siswa melakukan kesalahan ditinjau dari gaya kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) metode observasi, 2) metode tes yaitu tes diagnostik dan pemberian tes GEFT yang dilakukan kepada siswa kelasVIII.1 SMPN 3 Parepare, 3)metode wawancara diberikan kepada siswa yang mengalami kesalahan disesuaikan dengan gaya kognitif siswa tersebut. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi metode. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kesalahan konseptual yang dilakukan siswa antara lain: pada penjumlahan dan pengurangan yang menggunakan tanda positif dan negatif, kesalahan tidak memfaktorkan, (2) kesalahan prosedural yang dilakukan siswa antara lain: tidak menuliskan variabel, kesalahan penjumlahan atau perkalian atau pembagian, tidak menyederhanakan jawaban, tidak menjawab soal, menuliskan tanda, kesalahan memfaktorkan. (3) faktor-faktor siswa melakukan kesalahan antara lain: Siswa kurang mahir dalam memfaktorkan, tidak mahir dalam memanipulasi langkah penyelesaian, tidak mengerti aturan penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis, tidak dapat mengkaitkan materi pada soal dengan materi yang telah diperoleh sebelumnya,kurang teliti dalam melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian dan penyederhanaan bentuk aljabar Selain itu ditemukan juga penyebab kesalahan konsep yaitu siswa kurang aktif dalam bertanya dan mengerjakan soal secara mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Mar 2018 05:30
Last Modified: 13 Mar 2018 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item View Item