Keefektifan Penggunaan Metode Inquiry dalam menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulukumba

ASDAR, MUHAMMAD (2014) Keefektifan Penggunaan Metode Inquiry dalam menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulukumba. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. Artikel Penelitian.docx

Download (47kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan menulis teks eksposisi dengan menggunakanmetodeinquiry siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas X yang berjumlah 318 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu cluster sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Data instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tugas menulis teks eksposisi dengan teknik pengumpulan data yaitu pemberian tugas. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara metode inquiry dan metode ceramah dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis inferensial jenis uji-t independen (independent sample test) dandiperoleh nilai t-hitung = 3.885 dengan signifikansi atau p-value = 0,000. Karena nilai p-valuelebih kecil dari tarap signifikan yaitu 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menulis teks eksposisi yang menggunakan metode inquiry dan yang menggunakan metode ceramah. Dengan demikian, menulis teks eksposisi efektif digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulukumba. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan yaitu (1) guru seharusnya menerapkan metode inquiry pada siswa SMA Negeri 1 Bulukumba pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya dalam keterampilan menulis.(2) bagi para peneliti selanjutnya, agar melakukan penelitian dengan menggunakan metode inquiry pada pembelajaran bahasa Indonesia yang membutuhkan metode inquiry.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2018 05:30
Last Modified: 12 Mar 2018 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5581

Actions (login required)

View Item View Item