Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang).

S I L M I, S I L M I (2014) Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
SILMI. 2014.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK S I L M I. Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang). Penelitian ini menelaah penerapan konseling naratif untuk meningkatkan self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab. Polman. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum dan setelah pelaksanaan konseling naratif? (2) Apakah konseling naratif dapat meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas? (3) Apakah konseling naratif dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum dan setelah pelaksanaan konseling naratif; (2) Untuk mengetahui dapat tidaknya konseling naratif meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas; (3) Untuk mengetahui dapat tidaknya konseling naratif meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (True Experimental Designs) dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Designs terhadap 24 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Polewali Kab. Polman dengan klasifikasi 12 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 orang siswa sebagai kelompok kontrol, dan penarikan sampel secara sistimatis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif non parametric wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum pemberian konseling naratif berada pada kategori rendah dan setelah penerapan konseling naratif berada pada kategori tinggi; (2) Penerapan konseling naratif dapat meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas; (3) Penerapan konseling naratif dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: ?? sch_civ ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:09
Last Modified: 28 Apr 2016 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item