Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal msyarakat kepulauan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada materi Pokok Sistem Koloid

SETIAWATI, SETIAWATI (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal msyarakat kepulauan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada materi Pokok Sistem Koloid. Diploma thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.doc

Download (49kB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar peserta didik di wilayah kepulauan masih sangat rendah yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran kimia. Perangkat pembelajaran yang selama ini digunakan belum dapat memenuhi kebutuhan peserta didik, sementara ada banyak kearifan lokal masyarakat kepulauan yang dapat dikaitkaan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran PBL sehingga peserta didik dapat memiliki pengalaman belajar yang tak terlupakan.Kondisi tersebut mengisyaratkan bahwa dibutuhkan sebuah perangkat pembelajaran kimia berbasis KLMK yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal masyarakat kepulauan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dikelas XI IPA yang valid, praktis dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal msyarakat kepulauan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini terbatas hanya sampai tahap develop yaitu pada tahap uji coba terbatas yang dilaksanakan di SMAN 1 Liukang Tupabbiring Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkep kelas XI IPA tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran kimia berbasis KLMK sudah valid dengan koefisien validitas perangkat sebesar 1, praktis dengan nilai kemampuan pendidik mengelolah pembelajaran sebesar 3,45 kategori baik, nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran 3,64 kategori kepraktisan tinggi, respon pendidik sebesar 3,45 kategori cukup praktis dan revisi sebagian dan respon peserta didik sebesar 95 % merespon positif serta efektif dengan nilai hasil belajar kognitif 70 % mencapai ketuntasan, pengamatan sikap dan keterampilan masing-masing 90 % kategori baik, nilai motivasi peserta didik 35 % kategori tinggi, 30 % kategori sedang dan 35 % kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:55
Last Modified: 12 Mar 2018 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item View Item