Pengaruh Teknik Mind Mapping dan Kemampuan Awal Pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang Pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi (Dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Taty Sulastri)

RAMADHANI, SITTI FATIMAH (2016) Pengaruh Teknik Mind Mapping dan Kemampuan Awal Pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang Pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi (Dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Taty Sulastri). S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I tesis fatimah.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mind mapping dan kemampuan awal pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pitu Riawa pada materi reaksi Oksidasi-Reduksi. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pitu Riawa semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 136. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XA dan XB. Hasil analsis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan teknik mind mapping dan non mind mapping masing-masing 79,76 (SD = 8,61) dan 75,28 (SD = 8,74). Rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut yaitu 89,12 (SD = 5,79); 79,34 (SD = 5,49); dan 68,23 (SD = 5,30). Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis Two Way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh teknik mind mapping pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pitu Riawa pada materi reaksi oksidasi-reduksi, (2) ada pengaruh kemampuan awal pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pitu Riawa pada materi reaksi oksidasi-reduksi, (3) Tidak ada interaksi antara teknik mind mapping dan kemampuan awal pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pitu Riawa pada materi reaksi oksidasi-reduksi. Rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik mind mapping lebih tinggi dari pada yang diajar tanpa menggunakan teknik mind mapping. Hasil uji Tukey HSD menunjukkan bahwa peserta didik yang berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah memiliki rata-rata kemampuan berpikir kritis yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Mar 2018 02:52
Last Modified: 09 Mar 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item