Penerapan Modeling Simbolis Melalui Film Biografi Nabi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Model Makassar Tahun 2014. (Dibimbing oleh Muhammad Jufri dan Abdullah Pandang).

SALMAN, FATTAH. (2014) Penerapan Modeling Simbolis Melalui Film Biografi Nabi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Model Makassar Tahun 2014. (Dibimbing oleh Muhammad Jufri dan Abdullah Pandang). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
SALMAN FATTAH. 2014.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK SALMAN FATTAH. Penerapan Modeling Simbolis Melalui Film Biografi Nabi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Model Makassar Tahun 2014. (Dibimbing oleh Muhammad Jufri dan Abdullah Pandang). Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan modeling simbolis melalui film biografi nabi terhadap tingkat motivasi belajar siswa di MAN 2 Model Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa? (2) Apakah ada pengaruh penerapan modeling simbolis melalui film biografi nabi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran motivasi belajar siswa, (2) Pengaruh penerapan modeling simbolis melalui film biografi nabi terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (True Experimental Design) dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design terhadap 46 sampel penelitian, masing-masing 23 sampel untuk kelas eksperimen dan 23 sampel untuk kelas kontrol yang merupakan siswa kelas X MAN 2 Model Makassar tahun ajaran 2013/2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat motivasi belajar siswa sebelum diberi perlakuan baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada umumnya berada pada kategori rendah. Akan tetapi pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan berupa teknik modeling simbolis melalui film biografi nabi menunjukkan terjadi perubahan tingkat motivasi belajar dari rendah menjadi kategori sedang, sedangkan bagi siswa yang tidak diberi perlakuan berupa teknik modeling simbolis melalui film biografi nabi tidak menunjukkan perubahan berarti atau tetap dalam kategori rendah. (2) terdapat pengaruh penerapan modeling simbolis melalui film biografi nabi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Model Makassar. Artinya, bila teknik modeling simbolis melalui film biografi nabi ini digunakan maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: ?? sch_civ ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:09
Last Modified: 28 Apr 2016 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item