Pembelajaran Dasar-Dasar Tari Sulawesi Selatan Pada Siswa Kelas VIII 2 di SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Rahmadana, Rahmadana (2014) Pembelajaran Dasar-Dasar Tari Sulawesi Selatan Pada Siswa Kelas VIII 2 di SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Fak. SENI DAN DESAIN.

[img] Text
BAB I, II, III, IV & V.doc

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang lengkap tentang: 1) Pembelajaran dasar-dasar tari Sulawesi Selatan pada siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 2) Mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran dasar-dasar tari Sulawesi Selatan pada siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan obyek pembelajaran dasar-dasar tari Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi foto. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dasar-dasar tari Sulawesi Selatan pada siswa kelas VIII2 di SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng meliputi (1) tujuan, (2) materi/bahan, (3) metode, (4) media dan (5) evaluasi pembelajaran. Perencanaan materi pelajaran oleh guru dilakukan dengan berdasarkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan penyusunan suatu RPP, dimana materi pelajaran tersebut sangat relevan dengan tujuan pembelajaran yang didukung oleh metode pembelajaran yang tepat serta dukungan sumber belajar. Metode pembelajaran dasar-dasar tari Sulawesi Selatan kelas VIII 2 di SMP Negeri 4 Marioriwawo yaitu metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi dan latihan (driil) dimana metode pembelajaran tersebut digunakan secara bervariasi dalam proses pembelajaran, sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu: (a) cukup tersedianya sumber-sumber pelajaran, (b) adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menjadi pedoman dalam penyusunan rencana pembelajaran (RPP), dan (c) Penggunaan Laptop dalam proses pembelajaran. Adapun kendala dalam kegiatan pembelajaran dasar-dasar tari pada kelas VIII 2 yaitu: (a) masih terbatasnya media atau alat pelajaran; (b) rendahnya antusias dan minat siswa dalam pembelajaran; dan (c) tidak ada guru seni tari sehingga pelajaran seni tari di ajarkan oleh guru bidang studi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Mar 2018 08:06
Last Modified: 08 Mar 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item View Item