“Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media ICT (Information and Communication Technology)”.

Mediawati, Somalangi, S.Si. (2014) “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media ICT (Information and Communication Technology)”. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Mediawati Somalangi, S.Si..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Mediawati Somalangi, S.Si. “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media ICT (Information and Communication Technology)”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Makassar. Kata Kunci : Kreativitas belajar, Media ICT. Kreativitas belajar didefenisikan sebagai proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif, kadang disebut pemikiran divergen, yang biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan dengan ciri-ciri : fleksibilitas, originalitas, elaborasi dan fluency. Dalam meningkatkan kreativitas siswa maka akan digunakan media ICT (Information and Communication Technology). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Kalam Kudus Makassar yang belajar dengan menggunakan media ICT dengan model pembelajaran kooperatif.Dengan demikian siswa dapat dengan sendirinya belajar mandiri, dan menemukan berbagai penyelesaian masalah dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan berbagai sumber yang berbasis media ICT. Dalam metode ini siswa tidak harus bergantung pada guru dalam menerima pelajaran dan lebih memperkaya wawasan tentang hal-hal baru ataupun penyelesaian-penyelesaian yang baru sehingga dalam pembelajaran ini guru hanya mengarahkan siswa dalam pembelajaran. Setelah melakukan aplikasi model, observasi, evaluasi hasil, dan refleksi dalam pembelajaran sebanyak dua siklus, diperoleh data bahwa kreativitas belajar dengan menggunakan media ICT mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan nilai hasil belajar yang cukup berarti. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen tes hasil belajar, angket kreativitas siswa, serta lembar observasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kalam Kudus Makassar. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan yang berkaitan dengan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran, sedangkan analisis kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media ICT mengalami peningkatan hasil belajar dan siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:08
Last Modified: 28 Apr 2016 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item