Nur, Masjumi (2012) KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN PENJASORKES. Jurnal ILARA, 3 (2). pp. 1-108. ISSN 2086-4124
|
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
J. Ilara Vol. 3 No. 2.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Konsep Dasar kvaiuasi Pembelajaran Penjasorkes. Pengukuran dan evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari berbagai aspek kegiatan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, dapat dibayangkan dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, tanpa pengukuran maka kegiaran dalam berbagai bidang. sukar untuk diketahui secara objektif mengenai kemajuan yang telah dicapainya. Tes merupakan alat ukur untuk memperoleh data/informasi. sedangkan pengukuran merupakan proses untuk mcmperoleh data/informasi yang diperoleh dari hasil pengukuran berdasarkan kriteria, selanjutnya evaluasi adalah pemberian makna/arti dari hasil les dan pengukuran tersebut. Tes adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk memperoleh data yang objektif tcntang hasil belajar siswa. Ada tiga ranah yang dites melipuli: Ranah Kognilif. Afektif dan Psikomotor. tiga persyaratan tes berupa; Validitas, Reliabilitas, Objektivitas. Pengukuran suatu proses yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh besaran kuantitatif dari suatu obyek tertentu dengan menggunakan alat ukur yang baku. Evaluasi adalah evaluasi suatu proses pemberian nilai/makna terhadap data/informasi yang diperoleh dari hasil tes dan pengukuran. Jenis evaluasi: Evaluasi Formatif, *Evaluasi Sumatif, Evaluasi Penempatan, Evaluasi Diagnostik. Manfaat Evaluasi: Manfaat bagi siswa. Manfaat bagi, guru. Manfaat bagi sekolah. Ada 3 fungsi evaluasi: Fungsi Pengajaran. Fungsi Administrasi. Fungsi Bimbingan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi pembelajaran, penjasorkes |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 08 Mar 2018 05:45 |
Last Modified: | 08 Mar 2018 05:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5530 |
Actions (login required)
View Item |