Pengembangan Perangkat Pembelajaran Himpunan Berbasis Quantum pada Siswa Kelas VII SMPIT Albiruni Makassar. (Dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Awi Dassa).

Mansyur, Mansyur (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Himpunan Berbasis Quantum pada Siswa Kelas VII SMPIT Albiruni Makassar. (Dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Awi Dassa). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MANSYUR, 2014..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Mansyur. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Himpunan Berbasis Quantum pada Siswa Kelas VII SMPIT Albiruni Makassar. (Dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Awi Dassa). Pembelajaran matematika tidak hanya berorientasi pada materi ajar, tetapi berorientasi pada kompetensi siswa yang meliputi penguasaan bahan ajar, aktivitas siswa dan respon siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Artinya siswa dapat menjadi subjek belajar yang aktif dalam membangun atau mengkonstruksi sendiri ataupun berkelompok terhadap materi himpunan yang dipelajari. Walaupun dalam hal ini ada beberapa perangkat pembelajaran sebelumnya yang digunakan oleh guru seperti buku cetak siswa dan rencana pelaksanaan pembelajaran, namun terkadang siswa masih belum mampu membedakan atau mengoperasikan dengan jelas yang mana yang merupakan irisan, gabungan, selisih dan komplement. Terlebih lagi Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Albiruni merupakan sekolah full day yang proses pembelajarannya berlangsung cukup lama sehingga membutuhkan perangkat pembelajaran yang bagus untuk mendukung proses pembelajaran tersebut. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran himpunan yang berbasis quantum dalam matematika yang valid, praktis dan efektif.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research). Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran himpunan berbasis quantum yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Buku teks pelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang ahli dengan nilai rata-rata keseluruhan dari tiap aspek perangkat pembelajaran himpunan berbasis quantum yang dihasilkan (buku teks pelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar) dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan pada Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Albiruni Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Dari hasil analisis keterlaksanaan perangkat menunjukkan bahwa keterlaksanaan perangkat pembelajaran himpunan berbasis quantum memenuhi kriteria praktis dan berada pada kategori sangat baik. Serta memenuhi kriteria efektif yaitu diperoleh respon siswa positif terhadap pembelajaran, aktifitas siswa berada pada kategori sangat aktif dan hasil belajar telah tuntas secara klasikal (84,7% siswa yang memperoleh nilai di atas 75 dari nilai ideal 100). Dengan demikian, perangkat pembelajaran himpunan berbasis quantum telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:08
Last Modified: 28 Apr 2016 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item