Metode Didaktik Solfegio Dalam Peningkatan Kemampuan Bermusik Siswa Di Kelas Musik Non Klasik (MNK) SMKN.1 Somba Opu Kabupaten Gowa

FERMITA, MARLIN TRI (2013) Metode Didaktik Solfegio Dalam Peningkatan Kemampuan Bermusik Siswa Di Kelas Musik Non Klasik (MNK) SMKN.1 Somba Opu Kabupaten Gowa. Diploma thesis, Fak. SENI DAN DESAIN.

[img] Text
ISI.docx

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini muncul karena di kelas musik non klasik SMKN.1 Somba Opu mempelajari tentang solfegio yang merupakan pelajaran penting dimana pelajaran solfegio ini merupakan pelajaran yang melatih kepekaan telinga, membedakan ritme, melodi, harmonisasi, dan dalam menunjang itu semua dibutuhkan buku panduan untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran ini. Pada kenyataannya buku panduan untuk pelajaran solfegio dikelas MNK SMKN.1 Somba Opu sangatlah kurang untuk menunjang pembelajaran. Namun, dengan minimnya buku-buku panduan dalam mengajarkan solfegio guru dalam mata pelajaran ini mampu menerapkan metode-metode pembelajaran dengan baik kepada siswa sehingga siswa dapat memenuhi nilai standar ketuntasan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan metode yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran solfegio dikelas X Musik Non Klasik SMKN.1 Somba Opu Kab.Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran solfegio dikelas X Musik Non Klasik SMKN.1 Somba Opu Kab.Gowa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi baik berupa foto-foto maupun dokumen tertulis dari sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : penerapan dan pengembangan metode Sight Reading, Ear Training, Sight Singing oleh guru sangat berguna untuk siswa dalam menyerap pelajaran solfegio dengan cepat. Kesimpulan dan saran dalam peneltian ini adalah penerapan metode yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran solfegio dapat menjadi solusi mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari solfes. Dengan menguasi teknik dalam solfes dapat pula membantu kesulitan siswa dalam menyerap pembelajaran lain contohnya dalam pembelajaran keterampilan pilihan (mayor) siswa. Saran yang diberikan setelah penelitian ini adalah (1)Guna meningkatkan kenyamanan proses pembelajaran siswa dalam sebaiknya pihak sekolah menambah vasilitas dalam ruangan studio musik agar kenyamanan saat proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. (2)faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasian dalam pembelajaran solfegio hendaknya dapat diatasi dengan penggunaan teknik–teknik pembelajaran yang lebih bervariasi, sehingga pembelajaran solfegio bagi siswa menjadi lebih menyenangkan sehingga minat siswa dalam pembelajaran ini semakin bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:00
Last Modified: 08 Mar 2018 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item