Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 13 Makassar melalui Model Pembelajaran Konseptual Interaktif.

Magfira I., Maragau (2013) Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 13 Makassar melalui Model Pembelajaran Konseptual Interaktif. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Magira ibrahim maragau.docx

Download (15kB)

ABSTRAK Magfira I. Maragau, 2013. Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 13 Makassar melalui Model Pembelajaran Konseptual Interaktif. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Arif Tiro and Sabri). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII1 SMP negeri 13 Makassar dan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran konseptual interaktif. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atas partisipasi siswa kelas VII1 SMP Negeri 13 Makassar sebanyak 38 siswa. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama selama enam kali pertemuan dan siklus kedua selama lima kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematika yang meliputi indikator menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Instrumen lainnya berupa lembar observasi dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model konseptual interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan skor kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kemampuan rata-rata kelas untuk indikator menganalisis sebesar 45,5%. Peningkatan kemampuan rata-rata kelas untuk indikator mengevaluasi sebesar 46,1%. Peningkatan kemampuan rata-rata kelas untuk indikator mengkreasi sebesar 30,0%. Berdasarkan angket respons siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan Model pembelajaran konseptual interaktif menunjukkan respon sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 83,98%. Kata Kunci : Konseptual, Interaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:08
Last Modified: 28 Apr 2016 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item