Pengaruh teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin siswa di smk negeri 2 barru. (Dibimbing oleh Farida Aryani dan Kulasse Kanto).

ARSANTI, ARSANTI (2015) Pengaruh teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin siswa di smk negeri 2 barru. (Dibimbing oleh Farida Aryani dan Kulasse Kanto). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Arsanti. 2015..docx

Download (13kB)

ABSTRAK ARSANTI. 2015 Pengaruh teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin siswa di smk negeri 2 barru. (Dibimbing oleh Farida Aryani dan Kulasse Kanto). Penelitian ini menelaah tentang rendahnya perilaku disiplin siswa, masih terdapat beberapa siswa SMK Negeri 2 Barru yang belum bisa menerapkan kedisiplinan dilingkungan sekolah, diketahui dari banyaknya siswa yang selalu melanggar tata tertib sekolah. Oleh karenanya digunakan teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di SMK Negeri 2 Barru. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran perilaku disiplin siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik role playing dalam bimbingan kelompok siswa di SMK Negeri 2 Barru? (2) Apakah ada pengaruh teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin siswa di SMK Negeri 2 Barru?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku disiplin siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik role playing dalam bimbingan kelompok siswa di SMK Negeri 2 Barru. (2) Untuk mengetahui ada pengaruh teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin siswa di SMK Negeri 2 Barru. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Barru kelas XI program keahlian Nautika Kapal Penangkap ikan dengan populasi sebanyak 30 siswa dan sampel sebanyak 15 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif. Penelitian yang digunakan disini adalah Pre-Experimental Desings, yang akan mengkaji pengaruh penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di SMK Negeri 2 Barru. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini menyatakan hasil penelitian terhadap 15 siswa menunjukkan bahwa pada saat preetest, secara umum tingkat perilaku disiplin siswa berada pada kategori rendah setelah dilakukan posttest menunjukkan perilaku disiplin siswa berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Siswa SMK Negeri 2 Barru berdasarkan obervasi langsung dan pengisian angket terdapat beberapa orang siswa yang perilaku disiplinnya rendah. Sehingga pemberian layanan dengan teknik role playing dalam bimbingan kelompok sangat di butuhkan untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di sekolah. (2) Terdapat pengaruh positif perilaku disiplin siswa dengan teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku disiplin siswa di SMK Negeri 2 Barru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:08
Last Modified: 02 Nov 2016 08:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item