Pengembangan Pola Pendidikan Ekonomi Informal sebagai Upaya untuk Pembentukan Perilaku Ekonomi yang Baik

Muhammad, Hasan (2016) Pengembangan Pola Pendidikan Ekonomi Informal sebagai Upaya untuk Pembentukan Perilaku Ekonomi yang Baik. Prosiding Seminar Nasional "Mega Trend Inovasi dan Kreasi Hasil Penelitian dalam menunjang Pembangunan Berkelanjutan. pp. 82-87. ISSN 978-602-9075-25-7

This is the latest version of this item.

[img] Text
MAKALAH SEMNAS LEMLIT MUHAMMAD HASAN.pdf - Published Version

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis karakteristik pendidikan ekonomi informal yang berlangsung dalam rumah tangga, sehingga dengan hal tersebut dapat terbentuk pola pendidikan ekonomi informal sebagai upaya untuk membentuk perilaku ekonomi yang baik. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yang melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan ekonomi di dalam lingkungan keluarga merupakan bagian dari pendidikan informal yang berlangsung secara tidak terprogram, tetapi melalui proses pembiasaan dan keteladanan. Karakteristik pendidikan ekonomi yang dilaksanakan di dalam lingkungan keluarga dapat terlihat dari beberapa hal, yaitu melalui proses transformasi kewirausahaan, proses komunikasi dalam penggunaan anggaran keluarga, peran istri yang besar dalam proses pengelolaan keuangan keluarga, dan adanya tanggung jawab antar anggota keluarga dalam penggunaan anggaran keluarga. Proses pendidikan ekonomi di dalam keluarga masih sepenuhnya didominasi oleh peran istri dalam memberikan pembiasaan dan keteladanan, yang dalam jangka panjang membentuk budaya keluarga.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 07 Mar 2018 08:51
Last Modified: 07 Mar 2018 08:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5417

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item