Penggunaan alih tutur pada kelas bahasa Inggris di SMK Darussalam Makassar

AISYAH, SITTI (2014) Penggunaan alih tutur pada kelas bahasa Inggris di SMK Darussalam Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
CHAPTER 1 - 5.docx

Download (185kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) jenis-jenis turn taking strategi yang digunakan oleh guru dan siswa SMK Darussalam Makassar, (2) fungsi turn taking strategi pada kelas bahasa Inggris, dan (3) implikasi alih kode pada pengajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga guru bahasa Inggris dan siswa kelas satu, dua dan tiga SMK Darussalam Makassar. Berdasarkan hasil analisis data, disetiap tahap pembelajaran para guru bahasa Inggris menggunakan strategi turn taking yang berbeda-beda. Di tahap awal pembelajaran, terdapat beberapa macam strategi turn taking yaitu clear start, hesitant start, uptake, verbal fillers and prompting. Sebaliknya, dalam tahap pembelajaran inti, hampir semua macam strategi turn taking di lakukan oleh guru dan siswa dalam percakapan kecuali hesitant start. Sementara di bagian penutup, peneliti hanya menemukan dua macam strategi turn taking yaitu lexical repitition dan prompting. Adapun fungsi turn taking strategi yang diidentifikasi oleh peneliti yaitu untuk memulai percakapan, sebagai jedah untuk berfikir, mengklarifikasi jawaban siswa, memberikan kode atau signal kepada pembicara bahwa pendengar mengerti atau paham, untuk menegur/menyela pembicara, dan memeriksa kembali pemahaman siswa, sedangkan implikasi dari turn taking strategi ini adalah turn taking strategi dapat menjadi sebuah metode yang baik bagi guru dalam melihat atau mengevaluasi kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:59
Last Modified: 06 Mar 2018 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item View Item