Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Mengelola Kartu Utang pada Siswa Kelas XI Akuntansi

HUSNA, HUSNA (2016) Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Mengelola Kartu Utang pada Siswa Kelas XI Akuntansi. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Husna 1192040075.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Mengelola Kartu Utang pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 139 orang, dan sampelnya berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 20 for windows. Hasil persamaan regresi linear sederhana yang diperoleh antara keaktifan Siswa dan prestasi belajar yaitu = 50,918 + 0,390X. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara keaktifan siswa dengan prestasi belajar. Berdasarkan koefisien korelasi diperoleh nilai r=0,600. Nilai tersebut menunjukkan hubungan dalam kategori kuat. Sedangkan koefisien determinasi (r2) = 0,360atau36% yang berarti bahwa kontribusi keaktifan siswa terhadap prestasi belajar sebesar 36%, sedangkan sisanya sebesar 64% ditentukan oleh faktor lain diluar faktor yang diteliti dalam penelitian ini.Dari hasil perhitungan uji-t di peroleh nilai t-hitung= 6,624 lebih besar dari pada t- tabel=1,668. Hal ini berarti hipotesis yang bunyinya “keaktifan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi mengelola kartu utang pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar” diterima. Dari hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi mengelola kartu utang pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Kata kunci : Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:41
Last Modified: 06 Mar 2018 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item View Item