Analisis Kualitas Soal Matematika Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 32 Makassar Tahun Pelajaran 2013/2014

Enang, Hijriah (2014) Analisis Kualitas Soal Matematika Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 32 Makassar Tahun Pelajaran 2013/2014. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 ditinjau dari validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, kefektifan pengecoh, validitas butir dan reliabilitas tes. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban peserta seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 192 lembar. Sampel dalam penelitian ini adalah 130 lembar jawaban peserta yang diambil secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 telah valid secara isi. Ditinjau dari tingkat kesukarannya soal seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 belum proporsional yakni 2 butir soal kategori mudah, 9 butir soal kategori sedang, dan 9 butir soal kategori sulit, Selain itu soal seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 juga belum memenuhi indikator daya beda butir yakni masih terdapat 6 butir yang memiliki daya beda buruk. Pada aspek validitas butir, diperoleh informasi bahwa hanya 9 butir soal yang valid dan 11 butir soal yang tidak valid. Untuk aspek kefektifan pengecoh diperoleh 12 butir yang memiliki pengecoh berfungsi dengan baik dan 8 butir soal yang memiliki pengecoh berfungsi buruk. Soal seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 tidak reliabel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:41
Last Modified: 06 Mar 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item