Analisis Pemahaman Konsep Matematika Melalui Tes dan Wawancara pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Makale

RAHMAN, ASRI (2014) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Melalui Tes dan Wawancara pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Makale. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (27kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pemahaman konsep matematika melalui tes dan wawancara, kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika dinilai berdasarkan indikator kemampuan memahami konsep matematika berdasarkan Peraturan Dirjen Dikdasmen Nomor 506/C/Kpe/PP/2004 tanggal 11 November 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Pendekatan deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan fakta-fakta aktual tentang pemahaman konsep dalam materi yang terjadi pada saat penelitian langsung, sedangkan pendekatan eksploratif untuk mengeksplorasi secara kualitatif hasil penelitian menyangkut pemahaman konsep matematika melalui tes dan wawancara. Lokasi penelitian yaitu SMP Negeri 1 Makale dan subyek dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling yaitu kelas VII yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tes pemahaman konsep yang dilakukan dengan tes dan wawancara adalah pemahaman siswa terhadap konsep pecahan dengan rata-rata tingkat pemahaman dalam kategori sangat paham, dimana siswa mampu menunjukkan indikator pemahaman konsep yang telah ditentukan untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi pecahan. Wawancara disusun berdasarkan 7 indikator dalam pemahaman konsep matematika dengan hasil tingkat pemahaman dalam menyatakan ulang sebuah konsep sebesar 84%, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sebesar 78%, memberikan contoh dan non contoh dari konsep yang dipelajari sebesar 85%, menyajikan konsep dalam berbagai macam representasi matematika sebesar 83%, mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep sebesar 79%, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 80% dan mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah sebesar 85%. Nilai ini masuk dalam kategori sangat paham.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:27
Last Modified: 06 Mar 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item