Implementasi Pendekatan Scientific BerbasisKontekstual Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 18 Makassar

Wisnur, Wisnur (2016) Implementasi Pendekatan Scientific BerbasisKontekstual Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 18 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimenyang bertujuan untukmengetahui: (1) Deskripsi keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif,(2)Deskripsi hasil belajar matematika siswa sebelum diajar dengan penerapan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif, (3)Deskripsi hasil belajar matematika siswa sesudah diajar dengan penerapan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif, (4) Peningkatan hasil belajar siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif berada pada kategori sedang, (5)Hasil belajar matematika siswa setelahdiajar dengan penerapan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif lebih besaratau sama dengankritera ketuntasan minimal. SubjekpenelitianiniadalahkelasVII-1sebagaikelaseksperimendenganjumlahsiswasebanyak 37 orang.Data hasilpenelitiandiperolehdenganmemberikanteshasilbelajarberupaPre-testdanPost-testpada materi pokok perbandingan. Teknikanalisis data dilakukandenganmenggunakanteknikstatistikadeskriptifdaninferensial.Hasil yang diperolehdarianalisisstatistikadeskripitfadalahsebagaiberikut:(1) keterlaksanaan pembelajarn dengan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,94%, (2) Hasilbelajarsiswasebelumdiajarmelaluipenerapanpendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatifmenunjukkan 100% siswatidakmencapaiketuntasanindividudanberadapadakategorirendahdengan rata-rata 27,5,(3) Hasilbelajarsiswasetelahdiajarmelaluipenerapanpendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatifmenunjukkanbahwa 97,30% siswamencapaiketuntasanindividudanberadapadakategoritinggidenganskor rata-rata 88,85. Hasilanalisisstatistikainferensialmenunjukkan:(4) peningkatanhasilbelajarmatematikasiswalebihbaiksetelahdiajardenganmenerapkan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif. (5)Hasilbelajarmatematikasiswa yang diajardenganmenggunakan pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif lebih besar dari kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka implementasi pendekatan scientific berbasis kontekstual setting kooperatif berhasil. Kata Kunci: PendekatanScientific, Kontekstual, Kooperatif, HasilBelajar, Keterlaksanaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 04:45
Last Modified: 06 Mar 2018 04:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item