Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja.

Zaenal, Irwan (2015) Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI .docx

Download (165kB)

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja. Unit eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Lappariaja Tahun Ajaran 2013/ 2014. Unit eksperimen diambil secara langsung 1 kelas dalam hal ini dipilih kelas X IPA 7 dari 9 kelas dengan jumlah responden sebanyak 38 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes kemampuan matematika siswa, kuesioner motivasi belajar siswa, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program pengolahan data statistik SPSS 20.0. Indikator efektivitas dalam penelitian ini ditinjau dari 3 aspek, yaitu kemampuan matematika siswa, motivasi belajar siswa, dan aktivitas siswa. Hasil analisis statistika menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Lappariaja dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 81,66 dengan standar deviasi 8,628dari skor ideal 100. Motivasi belajar siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Lappariaja dikategorikan tinggidengan mean (rata-rata) sebesar 145,34 dari skor ideal maksimum 160. Sedangkan aktivitas siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Lappariaja dikategorikan aktif dengan presentase 88,79%. Hasil analisis inferensial terhadap skor kemampuan matematika siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Lappariaja menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata kemampuan matematika siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata kemampuan matematika siswa setelah diberi perlakuan. Hal tersebut dilihat dari Tabel Paired Samples Statistics menunjukkan nilai awal (pretest) memiliki nilai rata-rata yaitu 30,00 dan nilai rata-rata untuk nilai akhir (posttest) adalah 79,97. Dari output Tabel Paired Samples Test diperoleh sig (2-tailed) = 0,000. Nilai p-value lebih kecil dari α (0,05). Untuk motivasi belajar hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata motivasi belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata motivasi belajar setelah diberi perlakuan. Hal tersebut dilihat dari Tabel Paired Samples Statistics menunjukkan skor awal memiliki nilai rata-rata yaitu 122,37 dan nilai rata-rata untuk skor akhir adalah 145,34. Dari output Tabel Paired Samples Test diperoleh sig (2-tailed) = 0,000. Nilai p-value lebih kecil dari α (0,05). Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran missouri mathematics project efektif digunakan dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 04:36
Last Modified: 06 Mar 2018 04:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item View Item