Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Scramble dan Make a Match Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa (Penelitian Eksperimen Semu pada SDN Kecamatan Rappocini Kota Makassar)

Nurfitasari, Nurfitasari (2015) Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Scramble dan Make a Match Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa (Penelitian Eksperimen Semu pada SDN Kecamatan Rappocini Kota Makassar). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
[10] Bab I.docx

Download (29kB)
[img] Text
[14] BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran scramble dan make a match ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa, semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Ukuran sampel 66 siswa yang terdiri dari dua kelas perlakuan. Desain penelitian yang digunakan adalah analisis varians dua jalur atau ANAVA 2x2 faktorial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara metode pembelajaran scramble dan make a match dalam memengaruhi hasil belajar matematika yang ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara yang diajar dengan metode pembelajaran scrambledengan yang diajar dengan metode pembelajaran make a match. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran scramble lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran make a match.Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran scramble lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran make a match.Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar matematikauntuk motivasi belajar siswa kategori tinggi, metode pembelajaran scramble lebih baik digunakan dalam memahami materi bangun datar sederhana dibanding metode pembelajaran make a match sedangkan untuk motivasi belajar siswa kategori rendah, metode pembelajaran make a match lebih baik digunakan dalam memahami materi bangun datar sederhana dibanding metode pembelajaran scramble.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 04:30
Last Modified: 06 Mar 2018 04:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item