Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Media Presentasi Model Pembelajaran langsung terhadap Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Pinrang. (Dibimbing Oleh Jasruddin dan Muris).

NURAMAL, MAHMUD (2014) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Media Presentasi Model Pembelajaran langsung terhadap Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Pinrang. (Dibimbing Oleh Jasruddin dan Muris). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURAMAL MAHMUD. 2014.docx

Download (12kB)

ABSTRAK NURAMAL MAHMUD. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Media Presentasi Model Pembelajaran langsung terhadap Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Pinrang. (Dibimbing Oleh Jasruddin dan Muris). Kesulitan belajar adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses belajar yang mencakup pemahaman materi dan aplikasinya. Dalam pembelajaran fisika, banyak peserta didik masih menganggap bahwa materi fisika sebagai materi yang sulit sehingga dapat menjadi kendala bagi peserta didik dalam mempelajarinya yang berdampak pada rendahnya hasil belajar, tidak termotivasi dalam mengikuti pelajaran, dan aktivitas belajar peserta didik masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, guru harus mencari solusi dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan media pembelajaran. Salah satu penggunaan media pembelajaran adalah dengan berbasis media presentasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam penyajian materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya (1) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis media presentasi terhadap motivasi belajar peserta didik; (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis media presentasi terhadap aktivitas belajar peserta didik; (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis media presentasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan menggunakan desain penelitian posttest control group. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa tes angket untuk motivasi belajar, pengamatan (observasi) untuk aktivitas belajar siswa, dan data hasil belajar diperoleh dengan melakukan uji tes materi pelajaran. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi memiliki skor rata-rata motivasi belajar sebesar 77,05, aktivitas belajar 79,76 dan hasil belajar 74,58 sedangkan diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar sebesar 71,82, aktivitas belajar 72,08 dan hasil belajar 69,90. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi dengan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi dimana baik motivasi belajar, aktivitas belajar, maupun hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi lebih baik daripada yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:07
Last Modified: 01 Dec 2016 10:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item