Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 2 Pangkep (dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Kaharuddin Arafah)

NUR, AZIZAH AWALIYAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 2 Pangkep (dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Kaharuddin Arafah). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
NUR AZIZAH AWALIYAH. 2014.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK NUR AZIZAH AWALIYAH. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 2 Pangkep (dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Kaharuddin Arafah) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sesungguhnya yang bertujuan untuk mengetahui: gambaran minat belajar fisika dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; gambaran minat belajar fisika dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; perbedaan signifikan minat belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; perbedaan signifikan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan Postest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMAN 2 Pangkep dengan jumlah peserta didik 140 orang dari 5 kelas. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik acak dan kelas yang terpilih ada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan jumlah peserta didik masing-masing terdiri dari 27 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis uji-t dua pihak dengan menggunakan program mikrosoft Excel Windos 7 dan SPSS versi 20.0 for windows dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan skor minat belajar fisika antara peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Pangkep yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) terdapat perbedaan yang signifikan skor hasil belajar fisika antara peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Pangkep yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:07
Last Modified: 30 Nov 2016 11:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item