Kemampuan Mengarsir dalam Menggambar Bentuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep

AISYAH, AISYAH (2013) Kemampuan Mengarsir dalam Menggambar Bentuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, FSD.

[img]
Preview
Text
KEMAMPUAN MENGARSIR DALAM MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengangkat permasalahan utama yaitu Kemampuan Mengarsir dalam Menggambar Bentuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan memperoleh data mengenai kemampuan mengarsir serta kesulitan siswa dalam menggambar bentuk, dan data tentang Faktor Penunjang dalam Mengarsir Gambar Bentuk pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang memberikan gambaran tentang keadaan objek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep dengan jumlah siswa keseluruhan 167 siswa dari enam kelas, karena populasi cukup besar dan keterbatasan waktu dan tenaga dari penulis maka perlu disampel dengan teknik purposive sample, maka sampel dalam penelitian ini adalah 55 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menggambar, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengarsir dalam menggambar bentuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep berdasarkan keseluruhan jenis arsiran yaitu yang mendapat nilai 86-100 tidak ada, yang mendapat nilai 71-85 sebanyak 1 siswa (1,9%), yang mendapat nilai 56-70 sebanyak 42 siswa (76,3%), yang mendapat nilai 41-55 sebanyak 12 siswa (21,8 %), dan yang mendapat nilai <40 tidak ada. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengarsir dalam menggambar bentuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep dikategorikan cukup baik arsirannya dalam menggambar bentuk dan secara umum siswa lebih menguasai teknik arsir silang dibandingkan dengan arsir searah/tunggal dan arsir acak/campuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Mar 2018 08:06
Last Modified: 05 Mar 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item View Item