Memahami Alur Kerja Produk Cetak (Paket Pembelajaran Buklet Elektronik Bagi Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Grafika Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar)

ARIFIN, IRFAN (2011) Memahami Alur Kerja Produk Cetak (Paket Pembelajaran Buklet Elektronik Bagi Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Grafika Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar). S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
13. BAB I. Pendahuluan.docx

Download (47kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: untuk membuat paket pembelajaran yang efektif dan praktis dengan menerapkan program aplikasi multimedia menjadi buklet elektronik bagi mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual dalam memahami alur kerja produk cetak desain grafis, paket ini terdiri atas komponen; (1) petunjuk paket pembelajaran, (2) Aplikasi Power Point, (3) Buklet elektronik, dan (4) post test. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 35 responden, yang terdiri dari 1 dosen fasilitator, 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 orang mahasiswa pada uji coba satu-satu, 6 orang mahasiswa pada uji coba kelompok kecil, dan 23 mahasiswa pada uji coba lapangan. Data yang digali dalam penelitian ini adalah data dari dosen fasilitator, data validasi dari ahli materi dan ahli media, data tanggapan mahasiswa terhadap kualitas petunjuk paket, aspek tampilan, aspek pemrograman, aspek pembelajaran dan aspek isi, serta data perbandingan nilai pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk dosen fasilitator, ahli media dan ahli materi, kuesioner kepada uji coba satu-satu, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) paket pembelajaran buklet elektronik ini efektif karena dianggap mempunyai daya tarik sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik dengan rerata persentase peningkatan nilai antara nilai pre-test dengan post-test sebesar 31,95. 2) paket dari segi kepraktisan dianggap praktis berdasarkan hasil evaluasi dan uji coba responden yang menyatakan kemudahan dalam menggunakan paket dengan nilai rerata dengan kualitas petunjuk paket pembelajaran, isi, tampilan, dan pemprograman, mencapai rerata skor 4,25, yaitu nilai A, yakni dianggap ”sangat bagus dan sangat jelas”. 3) paket pembelajaran ini valid berdasarkan hasil validasi dan penilaian dari kedua ahli bahwa paket pembelajaran buklet elektronik memahami alur kerja produk cetak tersebut dapat diaplikasikan secara optimal dalam mata kuliah grafika sehingga layak digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Mar 2018 05:45
Last Modified: 05 Mar 2018 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5296

Actions (login required)

View Item View Item