Pengembangan Paket Pembelajaran Kartun Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

FAISAL., FAISAL. (2011) Pengembangan Paket Pembelajaran Kartun Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I-BAB V.docx

Download (6MB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket pembelajaran kartun bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa yang layak digunakan dalam pembelajaran dan untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan paket pembelajaran kartun ditinjau dari aspek pembelajaran serta aspek tampilan dan isi. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah paket pembelajaran tentang kartun untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa yang terdiri dari komponen paket, yaitu: petunjuk untuk dosen, petunjuk untuk mahasiswa, buku teks memahami kartun, buku kumpulan karya kartun, power point, dan post test. Pengembangan paket pembelajaran ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain pengembangan pembelajaran, pengembangan paket, evaluasi, dan produk akhir paket. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, angkatan 2009. Sebelum paket diuji coba, terlebih dahulu paket divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, paket diuji coba melalui tiga tahap, yaitu uji coba satu-satu (tiga orang), uji coba kelompok kecil (enam orang), dan uji coba kelompok besar (dua puluh orang). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk ahli media dan ahli materi, angket untuk mahasiswa yang ikut dalam uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan dan hasil pre test dan post test mahasiswa. Teknis analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Paket pembelajaran ini efektif, yang ditunjukkan oleh skor post-test mahasiswa dalam memahami materi paket sesuai dengan tujuan pembelajaran; (2) Paket pembelajaran ini dikatakan praktis setelah diadakan revisi berdasarkan masukan dan saran dari berbagai pihak; (3) Paket pembelajaran ini valid berdasarkan hasil validasi dari dua orang ahli.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Mar 2018 05:27
Last Modified: 05 Mar 2018 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5292

Actions (login required)

View Item View Item