“Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pattallassang”.

Irma, Zulfadianti (2014) “Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pattallassang”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Irma Zulfadianti, 2014..docx

Download (17kB)

ABSTRAK Irma Zulfadianti, 2014. “Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pattallassang”. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dimana melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Kelas pertama diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas VIII-2 yang dinamakan kelas eksperimen I dan kelas kedua diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kelas VIII-3 yang dinamakan kelas eksperimen II. Dua kelas tersebut dipilih secara random dari tiga kelas VIII SMP Negeri 3 Pattallassang tahun ajaran 2013/2014 semester genap. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal (pretest), tes hasil belajar (posttest) dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah sebagai berikut : (1) Pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VIII-2 dan tipe TSTS di kelas VIII-3 terlaksana dengan baik. (2) Aktivitas siswa pada saat diterapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TSTS berada dalam kategori sangat baik. (3) Rata-rata pretest pada kelas eksperimen I yaitu 17,657, berada dalam kategori sangat rendah, dengan standar deviasi 6,543. Rata-rata posttest yaitu 84,163, berada dalam kategori tinggi, dengan standar deviasi 7,707 dan rata-rata N-gain sebesar 0,81 yang berada pada kategori tinggi. (3) Rata-rata pretest pada kelas eksperimen II yaitu 21,903, berada dalam kategori sangat rendah, dengan standar deviasi 8,531. Rata-rata posttest yaitu 75,88, berada dalam kategori tinggi, dengan standar deviasi 7,722 dan rata-rata N-gain sebesar 0,69 yang berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial diperoleh : (1) nilai rata-rata hasil posttest yang diajar dengan model kooperatif tipe NHT dan TSTS melampaui KKM (72). (2) Terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan kooperatif tipe NHT dan TSTS. (3) Nilai peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe NHT dan TSTS melampaui kategori N-gain (0,3). Kata kunci : Hasil belajar, Kooperatif, Tipe NHT, Tipe TSTS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:07
Last Modified: 28 Apr 2016 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item