Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA

LA, Ode (2014) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
LA Ode Bau.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Mandai Kabupaten Maros pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 24 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket tes minat belajar IPA dan lembar tes hasil belajar IPA. Data minat belajar IPA siklus I menunjukkan rata – rata 70,83 dan porsentase ketercapaian sebesar 62,50% hal ini masih berada di bawah indikator keberhasilan minat belajar yaitu 65% sedangkan minat belajar pada siklus II rata - ratanya meningkat menjadi 85,40 dengan porsentase ketercapaian sebesar 100%. Sedangkan data hasil belajar IPA siklus I menunjukkan rata – rata 67,70 dengan porsentase ketercapaian sebesar 58,33% hal ini masih berada di bawah indikator klasikal secara nasional yaitu 85%, sedangkan hasil belajar IPA siklus II rata – ratanya meningkat menjadi 86,00 dengan porsentase ketercapaian 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan minat belajar IPA peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Mandai Kabupaten Maros maka, semanagat, rasa percaya diri,dan keaktifan menjadi meningkat dan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Mandai Kabupaten Maros maka, nilai rata - ratanya manjadi meningkat. Kata Kunci : Minat belajar IPA, Hasil belajar IPA, Model Pembelajaran berbasis masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:07
Last Modified: 02 Nov 2016 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item