Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Koneksi Matematika dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Watampone. (Dibimbing oleh komisi penasehat H. Djadir dan Asdar)

Ilawati, Ilawati (2014) Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Koneksi Matematika dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Watampone. (Dibimbing oleh komisi penasehat H. Djadir dan Asdar). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ILMIAWATI. 2014..docx

Download (15kB)

ABSTRAK ILMIAWATI. Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Koneksi Matematika dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Watampone. (Dibimbing oleh komisi penasehat H. Djadir dan Asdar)Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif yang bertujuan untuk (i) memperoleh deskripsi kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan proses berpikir reflektif dan (ii) memperoleh deskripsi kemampuan koneksi matematika siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan proses berpikir reflektif pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Watampone.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 3 Watampone tahun pelajaran 2013-2014. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang terdiri atas masing-masing 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan matematika kelompok tinggi, sedang dan rendah. Namun karena pada penelitian ini siswa perempuan kelompok rendah tidak ditemukan, maka subjek penelitian sebanyak 5 orang. Penelitian ini terdiri dari beberapa instrumen, yaitu instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS serta lembar observasi (pengamatan) dan isntrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan koneksi matematika siswa yang berkaitan dengan bahan ajar yang diberikan. Instrumen pendukung lainnya adalah pedoman wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) deskripsi kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan proses berpikir reflektif adalah siswa dengan tingkat kemampuan matematika kelompok tinggi baik laki-laki maupun perempuan dan siswa laki-laki dengan tingkat kemampuan matematika kelompok sedang menunjukkan kemampuan berpikir kritis dengan baik, sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan matematika kelompok rendah membutuhkan bimbingan lanjutan; (ii) deskripsi kemampuan koneksi matematika siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan proses berpikir reflektif adalah siswa dengan tingkat kemampuan matematika kelompok tinggi baik laki-laki maupun perempuan dan siswa perempuan dengan tingkat kemampuan matematika kelompok sedang menunjukkan kemampuan koneksi matematika dengan baik, sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan matematika kelompok rendah membutuhkan bimbingan lanjutan. Kata kunci : berpikir kritis, koneksi matematika, pembelajaran berbasis masalah, pendekatan proses berpikir reflektif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:42
Last Modified: 28 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item