Peningkatan Penguasaan Matematika Melalui Penerapan Strategi Belajar Tuntas pada Siswa Kelas VII9 SMP Negeri 16 Makassar.

Hikmawati, Saad (2014) Peningkatan Penguasaan Matematika Melalui Penerapan Strategi Belajar Tuntas pada Siswa Kelas VII9 SMP Negeri 16 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hikmawati Saad.docx

Download (15kB)

ABSTRAK HIKMAWATI SAAD, 2014. Peningkatan Penguasaan Matematika Melalui Penerapan Strategi Belajar Tuntas pada Siswa Kelas VII9 SMP Negeri 16 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengupayakan terjadinya peningkatan penguasaan matematika siswa melalui penerapan strategi belajar tuntas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII9 SMP Negeri 16 Makassar semester genap tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 35 orang. Siklus 1 dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes kemampuan awal berupa nilai ulangan harian materi dan pre test serta tes penguasaan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM matematika yang telah ditetapkan di sekolah berjumlah 12 siswa atau 34,29% dengan mean 65,23. Pada siklus 2 jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM matematika yang telah ditetapkan di sekolah berjumlah 28 siswa atau 80,00% dengan mean 74,29. Hal ini memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Makassar selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran langsung dengan menggunakan strategi belajar tuntas. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses meliputi keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Demikian juga dengan aktifitas negatif, dapat terlihat pada tabel bahwa terjadi penurunan di setiap pertemuannya motivasi siswa untuk belajar meningkat sehingga semangat siswa mengalami peningkatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, keberanian siswa bertanya materi pelajaran yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan guru mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa semangat, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan strategi belajar tuntas. Kata kunci: Penguasaan Matematika, Hasil Belajar matematika, Pembelajaran Langsung, dan Belajar Tuntas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:42
Last Modified: 28 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item