Analisis Spasial Penyebaran Penyakit TBC Menggunakan Local Indicator of Spatial Association (LISA) (Studi Kasus Kota Makassar).

Hijrayanti, Hijrayanti (2015) Analisis Spasial Penyebaran Penyakit TBC Menggunakan Local Indicator of Spatial Association (LISA) (Studi Kasus Kota Makassar). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hijrayanti, 2015..docx

Download (13kB)

ABSTRAK Hijrayanti, 2015. Analisis Spasial Penyebaran Penyakit TBC Menggunakan Local Indicator of Spatial Association (LISA) (Studi Kasus Kota Makassar). Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Aswi dan Ahmad Zaki).Tuberkulosis (TBC) merupakan salah satu penyebab kematian di negara-negara berkembang yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium. Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia saat ini berada pada ranking kelima negara dengan beban TB tertinggi di dunia. Kota Makassar sendiri yang berpenduduk sekitar 1,3 juta jiwa merupakan daerah yang memiliki jumlah penderita tuberkulosis terbanyak di Sulawesi Selatan yakni 1.532 orang dari sekitar 18.000 penderita yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Sulawasi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penyebaran penyakit TBC pada tahun 2010 hingga tahun 2013 yang terjadi di kota Makassar. Keterkaitan secara spatial dalam persebaran penyakit diukur melalui autokorelasi spatial dengan menggunakan Local Indicator of Spatial Association (LISA). Hasil penelitian memberikan informasi bahwa daerah yang dominan memiliki jumlah penderita TBC yang tertinggi pada tahun 2010 hingga tahun 2013 yaitu kecamatan Rappocini, Tamalate, Mariso, Mamajang, Tallo, Panakukang dan Tamalanrea. Pada pengujian LISA menunjukkan bahwa daerah yang memiliki autokorelasi adalah kecamatan Wajo dan kecamatan Manggala, dimana kecamatan Wajo termasuk dalam kategori aman dan kecamatan Manggala masuk dalam zona rawan terhadap penyebaran penyakit TBC. Kata kunci : Autokorelasi spatial, Indeks Moran, Moran scatterplot, Local Indicator of Spatial Association (LISA),TBC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:42
Last Modified: 28 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item