Desain Pembelajaran Matematika Yang Memanfaatkan Model Kooperatif Dengan Pendekatan Kontekstual (dibimbing oleh Usman Mulbar dan Ilham Minggi)

Herlina, Ahmad (2014) Desain Pembelajaran Matematika Yang Memanfaatkan Model Kooperatif Dengan Pendekatan Kontekstual (dibimbing oleh Usman Mulbar dan Ilham Minggi). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HERLINA AHMAD..docx

Download (15kB)

ABSTRAK HERLINA AHMAD. Desain Pembelajaran Matematika Yang Memanfaatkan Model Kooperatif Dengan Pendekatan Kontekstual (dibimbing oleh Usman Mulbar dan Ilham Minggi) Permasalahan dalam penelitian inia dalah “Bagaimana proses dan hasil desain pembelajaran matematika yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual yang berkualitas baik yaitu memenuhi criteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan?”. Penelitian ini termasuk penelitian desain karena pada penelitian ini penulis bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran matematika yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual yang berkualitas baik yaitu memenuhi criteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Desain pembelajaran pada penelitian ini disusun mengikuti alur pengembangan yang dilakukan Dick and Carey. Prosedur desain pengembangan yang dilakukan oleh peneliti dilakukan secara bersiklus seperti yang digambarkan oleh Mc Kenney yang meliputi 3 tahap, yaitu Preliminary design, Prototyping phase, dan Assessment phase.Desain pembelajaran yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual yang telah didesain telah divalidasi dan direvisi sehingga layak untuk digunakan. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual bersifat efektif dan praktis, yaitu (i) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 74,69 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,70. Dimana 27 dari 32 siswa atau 84,38% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (ii) dengan menggunakan desain pembelajaran yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran ; (iii) pada umumnya siswa memberikan respons positif terhadap kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses dan hasil desain pembelajaran matematika yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstul pada siswa kelasX.a SMK Bina Generasi Polewali berkualitas baikya itu memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Implikasi dari penelitian ini, disarankan kepada guru matematika SMK kelas X.a untuk mengimplementasikan desain pembelajaran matematika ini pada lingkup yang lebih luas, desain pembelajaran matematika ini dapat menjadi panduan atau contoh bagi guru matematika dalam membuat desain pembelajaran pada materi yang lain dan bagi peneliti di bidang pendidikan matematika yang berminat melanjutkan penelitian ini diharapkan agar mencermati segala kelemahan dan keterbatasan penelitian ini, sehingga penelitian yang dilakukan betul-betul dapat menyempurnakan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:42
Last Modified: 28 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item