Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Strategi Examples Nonexamples Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 24 Bulukumba

Eka Risna, Kurniasih, S. S. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Strategi Examples Nonexamples Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 24 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Eka Risna Kurniasih, S. S.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Eka Risna Kurniasih, S. S. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Strategi Examples Nonexamples Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 24 Bulukumba”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing Oleh Muhammad Saleh dan H. A. Wardihan P). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi example nonexample dan peningkatan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII.a SMP Negeri 24 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan siswa kelas VIII.a SMP Negeri 24 Bulukumba yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu: observasi aktivitas guru dan siswa serta tes menulis surat dinas. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan proses aktivitas guru dalam pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan strategi examples nonexamples baik kegiatan awal, kegiatan inti, maupun kegiatan akhir pada siklus I pertemuan pertama dan kedua tidak terlaksana secara keseluruhan yaitu mengecek kesiapan siswa, memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami, mengadakan refleksi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan memberikan penguatan terhadap simpulan dan memberikan refleksi kepada siswa. Aktivitas siswa berpartisipasi 60,33% dalam mengikuti proses pembelajaran. Sebaliknya penggunaan strategi examples nonexamples baik kegiatan awal, kegiatan inti, maupun kegiatan akhir terlaksana secara keseluruhan kecuali pada pertemuan pertama yaitu memberikan penguatan terhadap simpulan dan memberikan refleksi kepada siswa. Aktivitas siswa yang berpartisipasi 84,44% dalam pembelajaran menulis surat dinas. Penerapan strategi examples nonexamples dalam pembelajaran menulis surat dinas meningkatkan kemampuan menulis siswa. Peningkatan itu diketahui dari nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus 1 sebesar 60,33 dan nilai rata-rata siswa pada siklus 11 sebesar 80 dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 dan siklus 11 mengalami peningkatan sebesar 19,67. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran sebagai berikut: (1) guru disarankan menggunakan media dalam pembelajaran kemampuan menulis surat dinas. (2) peneliti selanjutnya disarankan menggunakan strategi examples nonexamples dalam melakukan penelitian terhadap aspek kemampuan menulis yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:49
Last Modified: 25 Apr 2016 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item