“Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Program Linear pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) SMK Tri’s Maros“

Hayusira, Hayusira (2015) “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Program Linear pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) SMK Tri’s Maros“. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hayusira.docx

Download (18kB)

ABSTRAK Nama :Hayusira NIM:1111044008 Judul Skripsi:“Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Program Linear pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) SMK Tri’s Maros“ Proses belajar mengajar, sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di Kelas X jurusan TKJ SMK Tri’s Maros, berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum memenuhi ketuntasan belajar di sekolah yaitu siswa yang memperoleh nilai 65 atau lebih masih kurang dari 85%. Atas pertimbangan tersebut, maka diterapkan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan metode resitasi yang dapat memberikan suasana yang lain dalam kelas sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar program linear pada siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Tri’s Maros dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan metode resitasi.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SMK Tri’s Maros dengan subjek penelitian adalah 21 siswa/siswi yang terdiri dari 7 putra dan 14 putri, peneliti (guru), dan seorang pengamat. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil angket siswa, dan hasil observasi dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah penguasaan materi pada akhir penelitian meningkat dan mencapai sekurang-kurangnya 85% dari keseluruhan siswa yang ada di kelas tersebut mencapai nilai > 65, dan skor rata-rata kelas berdasarkan nilai hasil tes tertulis siswa meningkat dari kemampuan awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 70 dan ketuntasan belajarnya 71,4 %, sedangkan siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,04 dan ketuntasan belajarnya 76,2 %, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,57 dan ketuntasan belajarnya 95,2 %.Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan metode resitasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar program linear siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Tri’s Maros. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar digunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan metode resitasi agar hasil belajar siswa meningkat. Kata kunci: Hasil belajar, Contextual Teaching And Learning, metode Resitasi, program linear.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:36
Last Modified: 28 Apr 2016 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item